Menjelajahi Jepang Yuk!

Just another WordPress.com weblog

  • @import url(http://www.google.com/cse/api/branding.css);
  • var googleSearchIframeName = "cse-search-results"; var googleSearchFormName = "cse-search-box"; var googleSearchFrameWidth = 800; var googleSearchDomain = "www.google.com"; var googleSearchPath = "/cse";

Bahasa Jepang

Posted by japanesethings pada Juli 16, 2008

Bahasa Jepang memang unik. Huruf-hurufnya tidak menggunakan huruf latin, melainkan huruf kepunyaan mereka sendiri.

huruf-huruf Jepang yang sering digunakan diantaranya Katakana, Hiragana, Kanji. Nah, khusus huruf Kanji, huruf ini diambil dari dataran Cina sana. Jepang juga sebenernya suka pake huruf latin. Mereka nyebut huruf latin ini dengan nama Roomaji.

Nah, sekarang, kita bakal bahas satu per satu jenis-jenis huruf Jepang yang udah disebutin di atas.

Katakana

Huruf ini digunakan oleh orang Jepang, apabila mereka menulis kata-kata serapan yang berasal dari bahasa asing. Singkatnya, kalau bukan bahasa Jepang asli, mereka pake Katakana. Contoh kata-kata yang pake Katakana, diantaranya nama orang asing, nama kota yang bukan di Jepang, bahasa-bahasa serapan yang udah digunakan sama orang Jepang sehari-hari pun, pake Katakana.

Hiragana

Huruf ini adalah huruf asli Jepang. Jadi, huruf ini sering banget digunakan orang Jepang untuk menulis.

Kanji

seperti udah disinggung sebelumnya, huruf ini diambil oleh Jepang dari Cina. Karena Jepang dulu terpengaruh oleh Cina, maka huruf Cinanya pun jadi ikut kebawa. bentuk huruf ini lebih rumit daripada Katakana atau Hiragana. Banyak orang asing yang belajar bahasa Jepang yang keteteran ama Kanji ^_^ . Tapi kalo kita belajar sungguh-sungguh, pasti bisa kok. Bagi yang sedang belajar bahasa Jepang, ganbatte kudasai ne…!!!

3 Tanggapan to “Bahasa Jepang”

  1. angga said

    bagus………

  2. jcizz said

    Org Jepang sebenarnya berasal dari negara cina kalau ikut sejarah dulu-dulu. Jepang = campuran orang cina dulu dengan orang asli jepang

  3. hyuga said

    keren abizzz…….. hehehe dapet wawasan baru dech…!!

Tinggalkan komentar